Surau TV

Banner

Sarana Komputer Hadapi UNBK Dikeluhkan

Sunday, 05 March 2017 | 13:25:21 WIB


Tapanuli-Komputer sarana penunjang menghadapi UNBK (ujian nasional berbasis komputer) Tingkat SMA/Sederajat khususnya di SMA Negeri 1 Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan bermasalah.

"Ada 90 unit tetapi 29 unit diantaranya tidak bisa terbuka," kata Ardi Hasibuan, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sipirok kepada Antarasumut, Sabtu.

Diketahui setelah dua kali mereka melaksanakan simulasi persiapan menghadapi UNBK April mendatang, komputer komputer itu tidak bisa membuka program dari server yang ada.

Sebenarnya ada dua tenaga teknis untuk itu, dan menurut tenaga teknis yang difasilitasi Pemprov Sumut itu seluruh komputer bermasalah harus dilakukan instal ulang.

"Untuk menginstal ulang puluhan komputer menurut tenaga teknis memakan waktu cukup lama, jadi kami bingung juga,"sebutnya.

Ia berharap dibalik siswanya siap untuk menghadapi UNBK tahun pelajaran 2016/2017 tidak terbengkalai hanya gara-gara program komputer itu.

"Kiranya pihak Dinas Pendidikan Sumut dapat memberi solusi bagi umumnya sekolah penyelenggara UNBK tingkat SMA/sederajat di Tapanuli Selatan,"harapanya.

Menurutnya kegagalan SMKN1 Angkola Timur dan SMKN1 Batang Angkola sebagai peserta UNBK tahun 2017 disebabkan kekurangan komputer, padahal Provinsi pernah janjikan itu.

Untuk SMAN 1 Sipirok kebutuhan sarana komputernya terpaksa kerjasama dengan SMPN 1 Sipirok, sekolah yang jaraknya berdekatan ditambah komputer atau laptop para guru dan siswa.

"Tetapi itu pula setelah komputer terkumpul 90 unit malah 29 unit diantaranya bermasalah di soal program,"keluhnya.

Tambah minimnya jumlah personil tenaga teknis menjadi sebuah kendala mengingat banyaknya sarana komputer sekolah-sekolah yang harus mereka pegang.

Sementara tenaga teknis lokal tidak tidak ada yang mampu untuk bagaimana agar sarana komputer yang bermasalah dapat diperbaiki sebagaimana layaknya kebutuhan.(antaranews)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...