Ada Tol Medan-Tebing Tinggi, Medan ke Danau Toba Cuma 2 Jam

Image
Saturday, 14 October 2017 | 16:30:54 WIB 562

Medan (nusapos.com)-Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap keberadaan jalan tol Medan-Tebing Tinggi dapat mendorong pengembangan kawasan pariwisata Danau Toba. Sebab dengan adanya jalan tol tersebut, waktu tempuh menuju kawasan pariwasata nasional Danau Toba akan jauh lebih cepat dari sebelumnya 4-5 jam menjadi 1,5-2 jam.

“Diharapkan dengan tol ini, kawasan pariwisata Danau Toba bisa kita dorong. Karena dari Medan ke Danau Toba itu sekarang sekitar 4 sampai 5 jam. Kalau tolnya jadi, perkiraan hanya 1,5-2 jam saja. Sehingga mobilitas orang dan barang sangat cepat,” kata Presiden Jokowi saat meresmikan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) ruas Kualanamu-Sei Rampah dan Medan-Binjai, di gerbang tol Kualanamu, Jumat (13/10/2017).

Menurut Kepala Negara, dengan lancarnya arus distribusi barang dan jasa, maka harga transportasi akan lebih murah sehingga harga di konsumen juga akan lebih rendah.

Untuk itu, ia berharap Tol Medan-Tebingtinggi dapat beroperasi total sepanjang 61,7 KM dalam waktu dekat. 

“Kira-kira pertengahan tahun 2018. Ini yang janji menteri ya, bukan saya,” ujar Presiden yang disambut tawa para hadirin.

Presiden mengungkapkan, saat ini biaya transportasi di Indonesia 2,5 kali lipat lebih mahal dibanding Malaysia dan Singapura. Jika biaya transportasi tersebut dapat diturunkan maka daya saing Indonesia juga lebih meningkat. 

“Sekarang ini index daya saing kita dari 41 ke 36. Kalau tol ini sambung semua, maka akan lebih baik lagi. Daya saing kita akan lebih kompetitif dengan negara lain,” ujarnya.

Tol MKTT yang diresmikan Presiden adalah seksi 2-6 (Parbarakan-Sei Rampah) sepanjang 41,65 km dari total 61,7 km.


Sumber : -

Laporan : -

Editor : Red


loading...
Post
Sumatra Utara
Post
Nasional
Post
Nasional