Prodi Pascasarjana USBM Seminarkan Literisasi Pendidikasn Berkarakter

Image
Friday, 10 November 2017 | 05:07:32 WIB 210

Medan (nusapos.com)-Literisasi bukan lebih  sekadar  dari kemampuan membaca tulis , tetapi lebih dari itu. Literasi adalah kemampuan individu untuk menggunakan segenap potensi dan skill yang dimiliki dalam kehidupan manusia.

Demikian materi seminar yang disampaikan ketua Program Study (Prody) Pascasarjana Universitas Setia Budi Mandiri (USBM) Medan  Dr (c) Evi Susilawati, M.Pd dihadapan mahasiswa pascasarjana dan undangan diaula kampus USBM Medan Jl Asrama (pondok Kelapa) medan, Kamis (08/11).

Hadir dalam kesempatan itu Rektor USBM Dr Hisar Siregar serta para dosen civitas akademika USBM Medan berserta undangan  kalangan umum umum dan juga mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya yang sengaja diundang pihak USBM.

Menurut Evi Sisilawati bahwa saat ini kurangnya budaya literasi pada masyarakat indonesia . Berdasarkan penelitian most Literate Nation in The Wold, Indonesia mendudukan peringkat ke 60 dari 61  negara soal minat baca persisi dibawah negara Thailand. Rendahnya peringkat ini disebabkan karena sebagian besar masyarakat Indonesia beranggapan membaca akan hanya menghabiskan waktu.  Pada hal dengan membaca kita akan menjadi melek dalam berbagainya, terutama melek dalam bidang tehnologi, informasi dalam menyongsong era globalisasi ini.

Selanjutnya Evi sisilawati lebih jauh memaparkan tentang Globalisasi secara cepat maupun lambat mempengaruhi kehidupan manusia. Banyak penelitian menunjukan bahwa dalam 20 tahun yang akan datang , begitu pekerjaan yang yang hadir diluar dari apa yang sudah ada saat ini. Hadirnya transportasi online, belanja online sistem pendidikanonline, sistem belanja  online dans sebagainya merupakan dampak dari globalisasi dan literasi tehnologi informasi. Begitu hebatnya dampak dari globalisasi dan literasi tehnologi ini.

Sementara diakhir makalanya Evi Sisilawati berharap sivitas akademika Pascasarjana USBM harus memanfaatkan e-resources sebagai literasi sumber belajar. Menurutnya menjadi sebuah keharusan bagi USBMuntuk mengedukasi masyarakat melalui literasi tehnologi informasi dan untuk mendapatkan informasi yang benar dan berkarakter.

Bahkan saat ini  saat ini USBM sudah meanfaatkan literasiini  menjadi bagian dari kurikulum pembelajaran dengan menambahkan mata kuliah  “Literasi Pendidikan”, dalamkegiatan pembelajarannya. Hadirnya mata kuliah tersebut akan membantu di pascasarjana USBM dan juga membantu membelajarkan masyarakat untuk memberdayakan dan melimpahnya informasi.

Sementara itu, nara sumber lainnya Dr H Baznar Ali, MS menyampaikan materi Pendidikan yang berkarakter di Era Globalisasi. Dr Baznar membahas dengan rincian materi diantaranya pentingnya pendidikan berkarakter, pemerosotan pendidikan karakter, cara-cara untuk menanamkan pendidikan Karakter, implementasi pendidikan Karakter, peran penting dalam membentuk Karakter SDM.

Dr Baznar dalam paparannya diawal makalahnya mengatakan globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial sejagat yang menghubungan tempat-tempat yang berjauhan sedemikian rupa. Sehingga peristiwa lokal bisa terjadi disebabkan oleh kejadian ditempat lain dan bahkan sekian mil jauhnya.

Seminar yang dikemas secara sederhana oleh ketua Prody Dr (C) Evi Sisilawati M.Pd juga akan mengedepankan tentang pentingnya budaya membaca bagi masyarakat luas terutama dikalangan remaja usia sekolah. Sebab dengan membaca akan dapat memajukan pendidikan di negara ini, khususnya di Sumatera Utara. Acara yang diselenggarankan hingga pukul 18.00 Wib itu diawal dengan prosesi upacara nasional dan sambutan pihak tekroat USBM dalam melaksanakan kegiatan yang telah diprogramkan ketua prody tersebut. 


Sumber : -

Laporan : Ref

Editor : Red


loading...